Translate

Senin, 27 Maret 2017

BERAKTIVITAS BUKAN SEKADAR BEREKSIS TANPA BATAS

Beraktivitas dalam arti melakukan suatu kegiatan secara aktif tentu ada tujuannya, ada targetnya, atau ada sesuatu yang ingin dicapai. Lebih-lebih kalau beraktivitas dalam sebuah organisasi, maka pasti ada tujuan utama melakukan aktivitas dalam organisasi yang dibentuk tersebut. Sebuah organisasi dibuat atau didirikan tentu ada tujuan, sesuatu yang ingin dicapai.

Melakukan aktivitas di sebuah organisasi apa saja, pasti ada kegiatan berkala yang dilakukan secara rutin untuk mencapai tujuan yang jelas. Sebuah organisasi yang berkaitan dengan ekonomi, misalnya koperasi, maka ada pertemuan berkala, ada kegiatan rutin yang tujuan utamanya adalah agar koperasi bisa mendapatkan keuntungan
.
Contoh lain sebuah organisasi yang tujuannya untuk mendapatkan simpati masyarakat, maka kegiatan utamanya adalah bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Karena organisasi ini ingin mendapatkan dukungan masyarakat, maka kegatan yang utama adalah melakukan berbagai kegiatan positif yang menguntungkan masyarakat. Kalau berbagai kegiatan positif tersebut menguntungkan masyarakat, maka masyarakat akan merasa simpati, dan pada akhirnya mendukung organisasi tersebut.

Dengan demikian perlu ditandaskan bahwa beraktivitas bukan sekadar bereksis tanpa batas. Beraktivitas bukan hanya untuk "ngeksis" dengan melakukan kegiatan liar tanpa kendali, tetapi beraktivitas adalah melakukan kegiatan yang bermanfaat. Manfaat itu bisa dinikmati masyarakat luas, dan pada akhirnya bisa dinikmati oleh organisasi atau orang-orang yang melajukan aktivitas tersebut.
Tawangsari, 27-3-2017
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar